Tuesday 9 February 2016

Sebelum Cedera, Sebaiknya diperhatikan. Kapan Sebaiknya Peregangan Olahraga Dilakukan ?




Hobi ber-olahraga? Harus itu. Nggak salah lagi, olahraga memang memberi banyak manfaat bagi kesehatan dan kondisi tubuh kita. Namun, olahraga hanya akan bermanfaat jika melakukannya sesuai aturan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga adalah melakukan pemanasan atau warming up.
Seorang yang hobi berorah-laga tentunya memperhatikan dalam persiapan aktifitas olah-raga, karena beban setiap jenis olahraga yang tidak sama berpengaruh terhadap kebutuhan gerakan dalam melakukan peregangan. Sebagian besar orang berpendapat bahwa peregangan sebaiknya dilakukan pada saat sebelum melakukan olahraga. Pada kenyataannya, kapan waktu yang tepat melakukan peregangan seharusnya dibedakan berdasarkan jenis olahraga yang dilakukan.
Berikut ini tips yang harus diperhatikan dalam melakukan peregangan olahraga ;

  1. Untuk olahraga angkat beban sebaiknya peregangan dilakukan seusai Anda berlatih angkat beban. Mengapa? Bukan berarti Anda tidak boleh melakukan peregangan sebelum melakukan angkat beban, angkat beban membutuhkan kontraksi yang maksimum. Jadi peregangan yang dilakukan sebelumnya malah akan membuat serat-serat otot menjadi relaks sehingga kehilangan kemampuannya untuk berkontraksi maksimal. Selain itu, peregangan yang dilakukan sesudah angkat beban akan melancarkan peredaran darah dan penyaluran oksigen sehingga rasa sakit dapat
  2. Untuk olahraga dinamis seperti aerobik, peregangan sebaiknya dilakukan sebelumnya untuk menghindari cedera akibat gerakan yang tiba-tiba dan memerlukan
  3. Untuk olahraga ringan seperti berjalan cepat atau bersepeda, Anda dapat melakukan peregangan kapan saja, bisa pada saat sebelum, saat jeda, ataupun sesudah berolahraga.

Yang perlu menjadi catatan adalah bahwa ketika melakukan peregangan tidak dalam kondisi otot yang kaku. Waktu yang sangat tepat untuk melakukan peregangan adalah setelah pemanasan yang cukup. Jadi sebaliknya lakukan pemanasan (warm-up) dahulu sebelum melakukan peregangan untuk memompa aliran darah Anda ke seluruh tubuh. Misalnya berlari di tempat selama 5-10 menit terlebih dahulu sebagai pemanasan sebelum peregangan, sehingga Anda mendapatkan manfaat peregangan yang optimal.

0 komentar: