Sunday 21 February 2016

Contoh Laporan KKL (Kelompok Kerja Mahasiswa) Mahasiswa - Bab I PENDAHULUAN




BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan kurikulum yang dilaksanakan oleh setiap calon guru dan tenaga pendididik, yang meliputi latihan mengajar, penyusunan perangkat mangajar samapi pada penilian hasilbelajar ataupun pendidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) pada mahasiswa dan menerjunkan  langsung kesekolah-sekolah yang ditetapkan oleh akademik, tujuan agar mahasiswa yang disiapkan sebagai calon guru diharapkan mempunyai kualitas dan bekal serta pengalaman di lingkungan sekolah  sebelum mahasiswa tersebut terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat. Universitas Islam Madura  Pamekasan (UIM Pamekasan) merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang salah satu misinya menyiapkan tenaga pendidik untuk siap bertugas dalam bidang pendidikan, baik sebagai guru maupun tenaga lainnya yang tugasnya bukan sebagai pengajar. Sarjana kependidikan merupakan calon tenaga pendidik yang harus menguasai bidangnya dengan baik agar kelak lulusan dapat bekerja secara produktif serta berusaha meningkatkan mutu kelulusan. Ditegaskan dalam undang – undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawab terhadap masyarakat dan bangsa.
Mahasiswa UIM Pamekasan yang mengambil program kependidikan diharapkan mampu menguasai materi kependidikan baik secara teori maupun secara praktis sebagai  bekal untuk menjadi seorang guru. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut maka pihak UIM Pameaksan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa. Dimana dalam pelaksanaannya mahasiswa diterjunkan secara langsung ke sekolah-sekolah latihan guna melaksanakan praktik menjadi seorang guru dengan mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran dan media yang diperlukan. PPL  dilaksanakan pada sekolah-sekolah latihan yang telah bekerjasama dengan UIM Pameaksan sebagai upaya pembentukan tenaga kependidikan yang professional. 

Tugas- tugas mahasiswa selama melaksanakan PPL  adalah:
1.      Melakukan pengamatan dan pemahaman tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), khususnya dengan bidang studi yang ditekuni.
2.      Menyusun perangkat pembelajaran yang meliputi: Program tahunan, program semester, program satuan pengajaran, dan rencana pembelajaran.
3.      Melaksanakan praktik pengajaran langsung di kelas secara terbimbing dan berkesinambungan.

1.2. Tujuan 
     Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk:
1.      Membentuk mahasiswa praktikan agar menjadi calon tenaga kependidikan yang profesional, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi paedagogik, kompetensi personal, dan kompetensi kemasyarakatan/ sosial.
2.      Memberikan bekal kepada mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru agar memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dapat menunjang tercapainya penguasaan tiga kompetensi pokok seorang guru professional.
3.      Melatih mahasiswa agar dapat melakukan tugas fungsional, yakni melakukan kegiatan pengajaran di dalam kelas. Selain itu PPL bertujuan untuk lebih mengenalkan kondisi dan situasi sekolah agar mahasiswa praktikan terbiasa dan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah. 


1.3. Manfaat 
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan  (PPL ) diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak yang terkait yaitu mahasiswa, sekolah, dan perguruan tinggi yang bersangkutan.
1.      Manfaat bagi mahasiswa :
a.       Mendapat kesempatan untuk mempraktekkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses belajar mengajar.
b.      Mengetahui dan memahami secara langsung proses kegiatan pembelajaran.
c.       Mendewasakan cara berpikir, meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan.
d.      Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyusunan perangkat pembelajaran dan pengajaran di kelas.
2.      Manfaat bagi sekolah :
a.       Meningkatkan kualitas pendidikan
b.      Mendapatkan informasi terbaru tentang dunia pendidikan yang telah diperoleh mahasiswa dari perkuliahan.
c.       Sekolah mendapat masukan dan saran yang dapat membangun sekolah kearah yang  lebih maju.
d.      Memperoleh transfer pengetahuan mengenai metode- metode dan model- model pembelajarn terkini sesuai dengan bidang studi yang berkaitan.
3.      Manfaat bagi Universitas Pamekasan :
a.       Memperluas dan meningkatkan jaringan dan kerja sama dengan sekolah terkait.
b.    Memperoleh masukan tentang kasus pendidikan yang dipakai sebagai bahan pertimbangan penelitian. 
c.   Memperoleh masukan tentang perkembangan pelaksanaan PPL, sehingga kurikulum, metode, dan pengelolaan proses belajar mengajar dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada di lapangan.


BACA SELENGKAPNYA BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA

0 komentar: