Wednesday 17 February 2016

Cara Olahraga Berenang Yang Aman




Siapa yang tidak suka dengan olahraga air yang sangat menyenangkan ini!! 

Ya, Berenang merupakan salah satu aktifitas tubuh di air yang sangat menyenangkan, adapun tujuan dari berenang tidak hanya semata-mata untuk mengejar prestasi tetapi untuk mencapai tujuan yang lebih luas di antaranya adalah untuk membentuk dan mengembangkan fisik, pembinaan hidup sehat serta menjadi sarana hiburan bagi keluarga utamanya sebagai pembelajaran dan bekal melindungi diri untuk anak anak ketika berada di dalam air.
Namun lebih dari itu banyak hal-hal positif yang bisa kita rasakan secara langsung atau tidak langsung jika kita sudah menguasai tehnik berenang. 

Dan perlu juga kita perhatikan hal-hal yang perlu kita waspadai saat kita atau keluarga kita sedang berenang. 

Berikut tips yang harus dipersiapkan sebelum kita melakukan aktivitas berenang.

1.       Pemanasan sebelum berenang.
Lakukanlah pemanasan untuk mencegah terjadinya karam otot (kejang otot) saat berenang.
melakukan pemanasan kecil dengan gerakan senam sederhana yang anda ketahui, mulailah senam-senam dari menggerakkan otok kepala, bahu/lengan, badan, sampai ke kaki atau dengan berlari-lari kecil untuk menghangatkan badan.

2.       Mengkondisikan tubuh dengan suhu air.
Basahilah tubuh anda dengan mandi ke pancuran air atau ke dalam kolam, hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa kondisi tubuh anda dalam keadaan bersih dan tubuh dapat menyesuaikan dengan suhu air.

3.       Pakaian renang yang tidak mudah kotor.
Hendaknya memakai pakaian renang yang tidak berwarna putih, sebab warna air kolam dapat menyebabkan pakaian yang berwarna putih menjadi berubah menjadi kekuning kuningan

4.       Pastikan dahulu kedalaman kolam renang.
Mengamati kedalaman kolam renang dan menyesuaikannya dengan kemampuan diri sendiri

5.       Hindari perut kosong ataupun kenyang.
Jangan berenang dalam keaadaan perut kosong atau terlalu kenyang, karena dalam berenang diperlukan banyak tenaga dan apabila perut terlalu kenyang maka beban tubuh menjadi lebih berat

1 komentar:

Essen Semarwangi said...

terimakasih untuk infonya.
http://bit.ly/2sdIgWl