Sunday 14 February 2016

Penjaskes (PJOK) PERMAINAN KARET ESTAFET



Dalam pembelajaran olahraga Warming up atau pemanasan sangat penting dilakukan sebelum berolahraga. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko cedera saat sedang berlatih atau berolahraga. Selain itu, dengan melakukan pemanasan dapat meningkatkan aliran darah ke otot yang bekerja yang mencegah kekakuan otot dan nyeri. Namun untuk membuat suasana yang tidak membosankan kepada siswa atau peserta didik, hendaknya kita memberikan pemanasan yang dinamin, dan salah satunya yaitu memberikan sebuah permainan kecil.
Fungsi dari permainan kecil ini adalah merangsang siswa untuk aktif bergerak tanpa merasakan beban, tetapi akan menciptakan kondisi atau keadaan yang menyenangkan. Tentunya hal ini yang diharapkan oleh semua guru pengajar olahraga, salah satu dari permainan kecil yang bisa diterapkan yaitu PERMAINAN KARET ESTAFET.



Permainan ini merupakan bentuk permainan yang melatih kerja sama antar siswa dalam satu tim dengan menggunakan karet sebagai alat ukur kekompakan, yang mana permainan ini mempunyai banyak gerakan tergantung dari sang guru pengajar yang mau memodifikasi atau mengkreasikannya kepada siswa dalam pembelajaran olah raga.
Permainan Estafet karet ini adalah permainan dimana dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah anak yang ada. Lalu tiap kelompok membentuk barisan perbanjar kebelakang dan tiap anak berdiri dalam satu lingkaran. Permainan ini dapat melatih daya konsentrasi anak, melatih keterampilan anak dalam memberikan dan menerima karet gelang, dan menumbuhkan sikap sportivitas.
a.                  Cara Bermain

  1.  Dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah anggota kelas yang ada, berbaris perbanjar kebelakang dan berdiri menempati sebuah lingkaran.
  2.   Permainan ini dimulai dari barisan paling depan dengan cara salah satu tangan kita menempel pada mulut kita dan jari telunjuk kita sebagai tempat bergantungnya karet gelang.
  3.   Selanjutnya anak yang berada pada barisan paling depan berjalan menuju anak yang berada dibelakangnya dan memberikan karet gelang tanpa melepaskan tangan yang menempel pada mulut ( begitu seterusnya ) .
  4.  Sampai pada anak yang paling belakang lalu kembali anak yang paling belakang memberikan karet gelang kepada anak yang didepannya terus sampai didepan.
  5.  Kelompok yang tercepat maka kelompok tersebut yang dinyatakan pemenangnya.

b.                  Peraturan Permainan

  1.   Tangan yang menempel pada mulut tidak boleh terlepas pada saat memberikan karet gelang.
  2.  Ketika memberikan karet gelang tidak boleh menjatuhkan apabila menjatuhkannya maka harus mengulang dari depan.
  3. Bagi kelompok yang mendapatkan point yang lebih sedikit maka kelompok tersebut akan mendapatkan hukuman/punishmen.
 

0 komentar: