Monday 8 February 2016

PENJASKES (PJOK) Permainan Bola berputar





Permainan Bola berputar ini adalah permainan dimana dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah anak yang ada dan tiap kelompok tersebut di gabung 2 kelompok menjadi 1 kelompok besar lalu saling berpegangan tangan membentuk sebuah lingkaran. Permainan ini dapat melatih kecepatan reaksi anak, melatih kelincahan anak, melatih kelentukan anak dan menumbuhkan sikap sportivitas.

a.      Cara Bermain
                                1.            Dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah anggota kelas yang ada dan 2 kelompok bergabung menjadi 1 kelompok besar dan saling berpegangan tangan membentuk lingkaran.
                                2.            Selanjutnya anak pada tiap kelompok yang berada pada ujung lingkaran memegang bola dan berlari memutar setelah ada peluit dari gurunya.
                                3.            Lalu anak yang sedang berlari memutari kelompok besar tadi memberikan bola kepada anak yang berada pada barisan yang berada di belakangnya tadi.
                                4.            Sampai pada anak yang paling terakhir lalu kembali anak yang paling terakhir berlari memutari kelompoknya dan berhenti pada tempat dia semula berdiri dan mengangkat bola tersebut.
                                5.            Guru boleh memberikan variasi dengan berlari zig – zag melewati sela – sela badan anak.

b.      Peraturan Permainan

                                1.            Bola tidak boleh terlepas pada saat berlari apabila terjadi maka harus berlari dari awal lagi.
                                2.            Ketika memberikan bola tidak boleh melemparkannya tetapi memberikan langsung kepada anak yang berada pada barisan di belakangnya tadi. Bagi kelompok yang tercepat maka kelompok tersebut dinyatakan menang.

0 komentar: