Sunday 14 February 2016

Penyebab, Penularan, Dan Cara Pencegahan Demam Berdarah




Jika kita ingin menikmati kesehatan yang optimal maka selayaknya kita menjaga lingkungan diperihara yang sehat.  terutama dalam kondisi musim penghujan yang rawan terjadinya berbagai macam penyakit, seperti halnya penyakit demam berdarah.


Penyakit demam berdarah disebabkan virus dengue (Dengue Haemorhagicfever). Penyakit demam berdarah sering disebut dengan DBD (Demam Berdarah Dengue). Bibit penyakit ini tumbuh dalam nyamuk aede aegypti. Seperti halnya nyamuk Anopheles, nyamuk Aedes juga menyuikai tempat-tempat yang lembab terutama pada air yang tergenang.


Aedes aegypti merupaka jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah, demam kuning (yellowfever) dan chikugunya. Nyamuk aedes aegypty dewasa memiliki ukuran sedang dengan tubuh berwarna hitam  kecoklatan. Tubuh dan tungkainya ditutupi sisik dengan garis-garis keperakaan. Di bagian punggung di bagian (dorsal) tubuhnya tampak dua garis melengkung vertical di bagian kiri dan kanan menjadi cirri dari nyamuk ini.


Gejala demam berdarah
  1. Timbulnya demam atau panas mendadak, selama 2-7 hari terus-menerus
  2. Badan lemas, rasa nyeri pada ulu hati, atau pada perut.
  3. Pada hari ketiga timbul bintik-bintik merah pada kulit
  4. Timbul mimisan dari mulut atau hidung
  5. Gusi berdarah dan muntah darah

Cara penularan
  1. Melalui gigitan nyamuk aedes aegyti
  2. Melalui transfuse darah yang mengandung bibit penyakit demam berdarah
  3. Ditularkan oleh ibu yang menderita demam berdarah kepada anaknya
  4. Bibit penyakit ini hidup di dalam tubuh nyamuk terutama di dalam kelenjar air liu dan juga di dalam tubuh manusia


Cara pencegahan
  1. Membersihkan lingkungan
  2. Tidak menciptakan genangan air yang menjadi tempat berkembak biak nyamuk
  3. Menghindari gigitan nyamuk
  4. Pengasapan (fogging) untuk mematikan nyamuk

1 komentar:

Leona Knight said...

Saya didiagnosis Herpes 2 tahun yang lalu dan saya telah mencoba semua cara yang mungkin untuk mendapatkan obatnya tetapi tidak berhasil, sampai saya melihat sebuah posting di forum kesehatan tentang seorang Dokter Herbal (Dr Akhigbe) yang menyiapkan obat-obatan herbal untuk menyembuhkan semua jenis. penyakit termasuk Herpes, pada awalnya saya ragu, apakah itu nyata tetapi memutuskan untuk memberinya percobaan, ketika saya menghubungi Dr Akhigbe melalui Emailnya: drrealakhigbe@gmail.com dia membimbing saya dan menyiapkan obat herbal dan mengirimkannya kepada saya melalui jasa pengiriman kurir, ketika saya menerima paket (jamu) Dia memberi saya petunjuk tentang cara mengkonsumsinya, saya mulai menggunakannya seperti yang diperintahkan dan saya berhenti mendapatkan wabah dan luka mulai menghilang, bisakah Anda percaya saya sembuh dari virus mematikan ini dalam dua hingga tiga minggu dan pemberitahuan perubahan di tubuh saya. Berhari-hari menggunakan PEMULIHAN ini, tidak bisa mempercayai penyembuhan pada awalnya sampai saya melihatnya sebagai HERPES saya sembuh seperti sihir Dr Akhigbe juga menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit seperti, HIV, HERPES, KANKER, ALS, PENYAKIT KRONIS, PENYAKIT JANTUNG , LUPUS, ASTHMA, DIABETES HEPATITIS A DAN B.ECZEMA, BACK PAIN, INFEKSI EKSTERNAL, ASTHMA, MALARIA, DEMAM BERDARAH, BACTERIA DIARRHEA, RABI, PROGERIA, MENINGITIS, EPILEPSI, STONE, GULA HULU, GELOMBANG HUBUNGI JUGA, GULA HAK THYROID, DINGIN & FLU, PENYAKIT GINJAL, ACME. API LUKA. dll. Hubungi dokter herbal yang hebat ini hari ini bapak obat herbal. via Email: drrealakhigbe@gmail.com atau whatsapp dia +2349010754824 dan sembuh secara permanen. Dia nyata..website: https: drrealakhigbe.weebly.com