Tuesday 9 February 2016

cara dan tips aman menyimpan telur, ayo kita berikan yang terbaik untuk keluarga kita..



pratama farm: sedia telur ayam

Bagaimana cara menyimpan dan memasak telur??

Ini tips untuk para bunda di dapur agar kita tetap bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga kita. Karena tak jarang, telur menjadi alternative paling mudah sebagai lauk setiap harinya.


  • Saat membeli telur perhatikan kondisi telur dengan teliti, Pilih telur yang utuh dan tak retak.
  • Hindari membeli telur yang tak ada tanggal kedaluwarsanya, Kecuali Anda yakin bahwa penjual selalu membeli telur-telur yang masih segar. 
  •  Telur yang lebih besar memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan telur kecil. Jadi kulit telur yang tipis, lebih besar peluang untuk retak dan rentan terhadap bakteri. 
  •  Bila ada telur yang kotor dan retak, mencucinya pun tak membuatnya lebih aman. Lebih aman dibuang. 
  •  Jangan mencuci telur dan menyimpannya. Bila telur dicuci, langsung gunakan dan dimasak. Sebab kulit telur yang dicuci tidak hanya hilang lapisan Protective Bloom-nya. Bahkan bila cuci, pori-pori pada kulit telur jadi lembab, sehingga bakteri lebih senang di sana. 
  •  Simpan telur dalam wadah, tanpa dicuci dan simpan dalam lemari es. Pastikan semua makanan yang ada dalam lemari es harus ditutup rapat. Karena kulit telur berpori-pori halus, makanan yang kuat baunya (seperti durian) dapat mencemari telur. Sebab itu lebih aman tempatkan telur dalam wadah aslinya.  Alasan kenapa kena meletakkan telur dalam wadah aslinya adalah adanya tanggal “best before” pada wadah tersebut. Tanpa wadah asalnya, kita tak tahu tanggal kadaluarsa telur-telur tersebut.  Tanda tanggal “best before”/ kadaluarsa  yang tertera pada kemasan telur itu berarti baik dalam kondisi telur itu disimpan dalam lemari es. Bila tak menyimpannya dalam lemari es, sebaiknya digunakan lebih awal dari tanggal kadaluarsanya. 
  •  Simpan telur pada bagian dalam lemari es, bukan di sisi pintu lemari es. Sebab pintu akan sering dibuka-tutup, maka akan ada banyak perubahan suhu disitu. Ini tak bagus untuk telur.


Selamat mencoba bunda, tetap usakan selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga kita ya,,,
Semoga bermanfaat.

0 komentar: