Monday 8 February 2016

PENJASKES (PJOK) Permainan Bola Tangan





Apakah Anda mengatahui permainan bola tangan ?
Apakah anda tahu bagaimana cara bermainnya ?
laluuu, apakah anda tahu peraturan permainannya ?
 
JIKA anda belum mengetahui permainan bola tangan, mungkin artikel ini bisa jadi tambahan pengetahuia anda.
  
Permainan ini adalah permainan yang merupakan bentuk modifikasi dari permainan sepak bola, dengan memain 2 tim yang saling berhadapan secara langsung untuk memasukkan bola ke dalam gawang, dengan memainkan menggunakan tangan bukan kaki, adapun tujuan dari permainan ini ada;ah mendapatkan skor sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke gawang lawan.


Permainan bola tangan ini dalam satu kelas di bagi menjadi 2 kelompok yang tiap kelompok terdiri dari 11 anak, 10 pemain dan 1 penjaga gawang. Permainan Bola Tangan ini dapat melatih reaksi anak dalam menangkap bola, melatih keterampilan dalam menangkap dan melempar bola, melatih kecepatan dan kelincahan anak, dan melatih jiwa sportifitas.


Bagaimanakah Cara Bermainnyaa ??
Berikut ini cara bermain bola tangan, yaitu :
  1. Dalam satu kelas di bagi menjadi 2 kelompok yang jumlah tiap kelompok adalah 11 anak, 10 pemain dan 1 penjaga gawang (tim A dan B).
  2. Permainan dimulai dengan menetukan tim mana yang menyerang lebih dulu yaitu dengan melakukan “suit” atau lempar koin.
  3. Tim yang menyerang harus mengumpan bola ke timnya sendiri dan tidak boleh lebih dari 3 langkah dalam berjalan maupun berlari.
  4. Tim yang bertahan harus berusaha merebut bola dari tim lawan lalu baru melakukan serangan balik dan tidak boleh sampai bola tersebut menyentuh kaki. 
  5. Cara untuk memasukan bola ke gawang lawan dengan menaruhnya di area gawang dan tidak boleh melemparnya.

Bagaimanakah Peraturan Permainannya ?
Adapun peraturan permainan bola tangan diantaranya sebagai berikut ini :
  1. Tim yang menyerang ketika sedang mengumpan bola tidak boleh dengan berlari maupun berjalan lebih dari 3 langkah.
  2. Ketika sedang tim yang bertahan ingin merebut bola tidak boleh menghadang kaki lawan ataupun memegang salah satu anggota tubuh dari lawannya hanya boleh merebut bolanya.
  3. Cara untuk memasukan bola ke gawang lawan dengan menaruhnya di area gawang dan tidak boleh melemparnya dan tidak boleh tersentuh kaki maupun menendangnya.
  4. Jika pemain melanggar peraturan permainan, maka pemain akan dikenai pelanggaran dan diberi lemparan bebas untuk tim lawan.
Demikianlah cara bermain dan peraturan permainan dalam permainan bola tangan, diharapkan permainan ini bisa memberikan kesenangan tersendiri untuk siswa yang mainkannya dengan menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran.

 







 








                                   

0 komentar: