Wednesday 10 February 2016

kenapa telur tidak boleh dicuci dlu sebelum dimasukkan dalam kulkas..???





Beberapa alasan dan anjuran mengapa Telur Tidak Boleh Dicuci Dulu Sebelum Dimasukan Ke Kulkas..
Bagi para ibu nih, harus selalu cerdas dan waspada dalam bertindak demi kebaikan keluarga kita. Yang pasti kita tidak mau memberikan racun kepada keluarga kita sendiri kan, orang orang yang kita cintai seumur hidup kita. Nah, banyak dari kita yang kadang salah langkah mengambil keputusan, inginnya memberikan yang terbaik, malah yang terjadi adalah hal yang ternyata kurang baik. Salah satunya makanan yang akan kita suguhkan di meja makan. Utamanya telur, mari kita simak beberapa alasan dan sekaligus anjuran agar kita tidak mencuci telur sebelum mau di gunakan.
  1. Menurut sebuah penelitian, telur yang dicuci terlebih dahulu justru membuat telur sangat mudah tercemari bakteri. jika telur di cuci sebaiknya langsung di masak. Tidak disimpan beberapa hari di kulkas. “Protective Bloom” adalah perlindungan alami yang Allah ciptakan pada telur ayam untuk melindungi telur dari bakteri Salmonella. Kalau kita mecuci telur, pori-pori pada kulit telur menjadi terbuka, sehingga rentan tercemar bakteri karena akan mempermudah isi telur rentan terinfeksi bakteri Salmonella. 
  2.  Di Inggris dan Uni Eropa, mereka melarang telur yang telah dicuci untuk dijual. Tapi karena banyak orang-orang yang skeptis dengan telur yang ada kotoran ayam atau telur tampak kotor, maka mereka mencuci telur itu dan menyemprotnya lagi dengan lapisan lain untuk menghalangi bakteri masuk. Oleh sebab itu Jika anda membeli telur di supermarket, anda akan mendapati telur yang bersih dan mengkilat. 
  3.  Bakteri yang akan mudah masuk kedalam bagian dalam telur adalah bakteri salmonela. Salmonella merupakan sejenis bakteri jahat yang terkadang hadir di dalam  makanan termasuk ayam, tomat, guacamole, kacang tanah dan juga terdapat dalam makanan hewan. Habitat yang subur bagi bakteri  ini adalah didalam usus hewan dan manusia yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Jika terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella ini, risiko terburuk yang dialami adalah infeksi usus dan mungkin menyebabkan kematian. Dengan menjaga kebersihan kita bisa melindungi diri kita dari infeksi bakteri salmonela. 
  4.  Memasak dengan sempurna dapat membunuh bakteri Salmonella. Meskipun membilas dan mencuci buah merupakan kebiasaan yang baik sebelum menyantapnya, namun ini tidak akan mampu memberantas Salmonella terutama saat sedang mewabah. Jika ada peringatan dari Kementerian kesehatan untuk tidak memakan sesuatu makanan yang berpotensi terkontaminasi, maka adalah lebih baik untuk tidak makan makanan tersebut baik dimasak atau tidak. 

semoga bermanfaat, sejatinya alam telah memberikan perlindungan yang baik untuk kita semua, Subhanalloh...

0 komentar: