BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan kurikulum yang dilaksanakan oleh
setiap calon guru dan tenaga pendididik, yang meliputi latihan mengajar,
penyusunan perangkat mangajar samapi pada penilian hasilbelajar ataupun
pendidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu.
Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) pada mahasiswa dan menerjunkan langsung kesekolah-sekolah yang ditetapkan
oleh akademik, tujuan agar mahasiswa yang disiapkan sebagai calon guru
diharapkan mempunyai kualitas dan bekal serta pengalaman di lingkungan
sekolah sebelum mahasiswa tersebut
terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat. Universitas Islam Madura Pamekasan (UIM Pamekasan) merupakan salah
satu lembaga pendidikan tinggi yang salah satu misinya menyiapkan tenaga pendidik
untuk siap bertugas dalam bidang pendidikan, baik sebagai guru maupun tenaga
lainnya yang tugasnya bukan sebagai pengajar. Sarjana kependidikan merupakan
calon tenaga pendidik yang harus menguasai bidangnya dengan baik agar kelak
lulusan dapat bekerja secara produktif serta berusaha meningkatkan mutu
kelulusan. Ditegaskan dalam undang – undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem
pendidikan nasional yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yaitu manusia
yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur,
kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawab terhadap masyarakat
dan bangsa.
Mahasiswa UIM Pamekasan yang mengambil
program kependidikan diharapkan mampu menguasai materi kependidikan baik secara
teori maupun secara praktis sebagai
bekal untuk menjadi seorang guru. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut
maka pihak UIM Pameaksan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi
mahasiswa. Dimana dalam pelaksanaannya mahasiswa diterjunkan secara langsung ke
sekolah-sekolah latihan guna melaksanakan praktik menjadi seorang guru dengan
mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran dan media yang diperlukan.
PPL dilaksanakan pada sekolah-sekolah latihan
yang telah bekerjasama dengan UIM Pameaksan sebagai upaya pembentukan tenaga
kependidikan yang professional.
Tugas- tugas mahasiswa selama
melaksanakan PPL adalah:
1.
Melakukan
pengamatan dan pemahaman tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),
khususnya dengan bidang studi yang ditekuni.
2.
Menyusun
perangkat pembelajaran yang meliputi: Program tahunan, program semester,
program satuan pengajaran, dan rencana pembelajaran.
3.
Melaksanakan
praktik pengajaran langsung di kelas secara terbimbing dan berkesinambungan.
1.2. Tujuan
Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) bertujuan untuk:
1.
Membentuk
mahasiswa praktikan agar menjadi calon tenaga kependidikan yang profesional,
sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi paedagogik, kompetensi
personal, dan kompetensi kemasyarakatan/ sosial.
2.
Memberikan
bekal kepada mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru agar memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dapat menunjang tercapainya
penguasaan tiga kompetensi pokok seorang guru professional.
3.
Melatih
mahasiswa agar dapat melakukan tugas fungsional, yakni melakukan kegiatan
pengajaran di dalam kelas. Selain itu PPL bertujuan untuk lebih mengenalkan
kondisi dan situasi sekolah agar mahasiswa praktikan terbiasa dan dapat
beradaptasi dengan lingkungan sekolah.
1.3. Manfaat
Pelaksanaan Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL ) diharapkan dapat
memberikan manfaat kepada semua pihak yang terkait yaitu mahasiswa, sekolah,
dan perguruan tinggi yang bersangkutan.
1. Manfaat bagi mahasiswa :
a.
Mendapat
kesempatan untuk mempraktekkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan ke dalam
proses belajar mengajar.
b.
Mengetahui
dan memahami secara langsung proses kegiatan pembelajaran.
c.
Mendewasakan
cara berpikir, meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan
penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan.
d.
Meningkatkan
kemampuan mahasiswa dalam penyusunan perangkat pembelajaran dan pengajaran di
kelas.
2. Manfaat bagi sekolah :
a.
Meningkatkan
kualitas pendidikan
b.
Mendapatkan
informasi terbaru tentang dunia pendidikan yang telah diperoleh mahasiswa dari
perkuliahan.
c.
Sekolah
mendapat masukan dan saran yang dapat membangun sekolah kearah yang lebih maju.
d.
Memperoleh
transfer pengetahuan mengenai metode- metode dan model- model pembelajarn
terkini sesuai dengan bidang studi yang berkaitan.
3. Manfaat bagi Universitas Pamekasan :
a.
Memperluas
dan meningkatkan jaringan dan kerja sama dengan sekolah terkait.
b. Memperoleh
masukan tentang kasus pendidikan yang dipakai sebagai bahan pertimbangan
penelitian.
c. Memperoleh masukan tentang perkembangan pelaksanaan PPL, sehingga kurikulum, metode, dan pengelolaan proses belajar mengajar dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada di lapangan.
c. Memperoleh masukan tentang perkembangan pelaksanaan PPL, sehingga kurikulum, metode, dan pengelolaan proses belajar mengajar dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada di lapangan.
BACA SELENGKAPNYA BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA
0 komentar:
Post a Comment