Tuesday 1 March 2016

5 Cara Mengatasi Gigitan Hewan Berbisa - 15 menit bisa teratasi



Mengatasi gigitan hewan berbisa


Hewan berbisa, sudah pasti menakutkan untuk hanya sekedar mendengarnya apalagi sampai tergigit oleh hewan berbisa tersebut. Seperti halnya ular berbisa, lipan kala jengking atau bahkan tertusuk paku yang sudah berkarat.

Sering sekali kita mendengar kabar banyak orang meninggal diakibatkan terkena gigitan ular berbisa, lipan dan kala jengking yang sangat mengerikan.

Hal ini banyak terjadi karena kita kurang mengetahui bagaimana cara member pertolongan pertama pada orang yang terkena gigitan hewan berbisa sehingga menyebabkan racun atau “bisa” dengan cepatnya menyebar ke tubuh kita. 

Pertolongan pertama ini sangatlah penting untuk mencegah tersebarnya racun di dalam tubuh, lalu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada orang yang terkena gigitan hewan berbisa?

Berikut cara yang harus dan segera dilakukan :
  1. Sediakan minyak makan atau minyak goring secukupnya.
  2. Sediakan kain perca yang bahannya terbuat dari benang atau kapas ukuran 10 x 10 cm. jangan sampai memakai kain yangberbahan dasar katun atau nilon.
  3. Sediakan korek api.
  4. Gulung kain perca dengan telapak tangan, kemudian celupkan satu bagian (ujungnya) kedalam minyak makan! Selanjutnya bakar bagian yang basah oleh minyak makan tadi. Biarkan beberapa detik sampai api menyala dan cambukan pelan-pelan kebagian yang digigit atau yang luka oleh besi paku! Banyak cambukan antara 8 sampai 10 kali, jangan lebih dari 10 kali! Karena akan menyebabkan luka bakar pada kulit yang dicambuk.
  5. Apabila anak anda masih berumur 2-5 tahun, cukup 5 kali saja. Hilangkan rasa kasihan terhadap korban disaat anda mencambuk bagian yang luka, karena rasanya sangat sakit dan perih. Insya Allah racun/bisa yang menjalar dalam tubuh akan hilang.
Nah, begitulah sedikit tindakan yang sangat mudah untuk kita lakukan sebagai tindakan pertolongan pertama untuk orang yang terkena racun hewan berbisa.

Setelah pertolongan pertama sudah dilakukan, sebaiknya korban kemudian dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan pengecekan dan pengobatan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat dan menjadi jalan keluar jitu untuk mencegah menyebarnya racun di dalam tubuh.

0 komentar: