Saturday 12 March 2016

Tahukah anda - Fungsi penting mineral bagi tubuh kita



Tubuh kita tak bisa terlepas dari sebuah kebutuhan mineral, tapi kita sendiri masih banyak yang belum mengetahui apa dan bagaimana peran mineral itu di dalam tubuh kita,sehingga asupan ke dalam tubuh masih kurang maksimal, dan dampaknyapun akan berakibat fatal bagi tubuh kita sendiri.
Mineral itu apa sihh ?
Mineral merupakan bagian dari tubuh dan memegang peranan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh, baik pada tingkat sel, jaringan, organ maupun fungsi tubuh secara keseluruhan.

Misalnya pada Kalsium, Fosfor dan Magnesium adalah bagian dari tulang, Besi bagian dari hemoglobin dalam sel darah merah dan Iodium bagian dari hormon tiroksin.

Hey guys, peran penting meneral itu gmn y bagi tubuh ?
Peranan mineral : Berperan dalam berbagai tahap metabolisme, terutama sebagai kofaktor dalam aktivitas enzim-enzim. Sumber paling baik pada Mineral adalah makanan hewani, kecuali Magnesium yang lebih banyak terdapat di dalam makanan nabati.

Hewan memperoleh mineral dari tumbuh-tumbuhan dan menumpuknya di dalam jaringan tubuhnya. Makanan hewani mengandung lebih sedikit bahan pengikat mineral daripada makanan nabati.





Fungsi mineral itu gmn ?
Keseimbangan ion-ion mineral di dalam cairan tubuh diperlukan untuk pengaturan pekerjaan enzim-enzim, pemeliharaan keseimbangan asam basa, membantu transfer ikatan-ikatan penting melalui membran sel dan pemeliharaan kepekaan otot dan saraf terhadap rangsangan.

Tahu gak, mineral itu digolongkan menjadi berapa macam ?
Mineral digolongkan menjadi 2, yaitu :
  1. Mineral Makro adalah : mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah > dari 100 mg sehari (Natrium (Na), Klorida (Cl), Kalium (K), Kalsium (Ca), Fosfor (P), Magnesium (Mg) dan Sulfur (S)).
  2. Mineral Mikro adalah : mineral yang dibutuhkan tubuh < dari 100 mg sehari (Besi (Fe), Seng (Zn), Iodium (I), Tembaga (Cu), Mangan (Mn), Krom (Cr), Selenium (Se), Molibden (Mo), Fluor (F), Kobal (Co)). Sedangkan kebutuhan manusia akan mineral Arsen (As), Nikel (Ni), Silikon (Si) dan Boron (Bo) masih dalam penelitian.

0 komentar: