Sunday 27 March 2016

Manfaat dan Pengaruh Latihan Fisik Untuk Meningkatkan Stamina



Tahukah anda manfaat latihan fisik ?
Latihan fisik dalam pelaksanaanya lebih difokuskan kepada proses pembinaan kondisi fisik atlet secara keseluruhan dan merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan sebagai unsur yang diperlukan dalam proses latihan guna mencapai prestasi yang tertinggi.

Tidak hanya itu latihan fisik tersebut untuk membentuk sebuah bentuk tubuh yang ideal tetapi juga pejunjang seorang atlet untuk bisa tampil secara maksimal dalam sebuah pertandingan atau perlombaan.

Kondisi fisik adalah suatu kualitas fisik, kualitas psikis, dan kemampuan fungsional tubuh dalam memenuhi tuntutan prestasi yang optimal pada spesifikasi cabang olahraga tertentu.

Kemampuan kondisi fisik diperlukan untuk memenuhi tuntutan prestasi optimal suatu cabang olahraga.Tinggi rendahnya tuntutanprestasi tergantung pada spesifikasi cabang olahraga.

Semakin intensif dan gerakan komplek lebih menuntut komponen fisik lebih komplek pula.
Kondisi fisik bersifat labil /tidak permanen, drilling teknik dan taktik adalah cara yg baik untuk mengembangkan kondisi fisik.
Latihan fisik  lebih optimal jika didesain khusus melalui pentahapan yg sistematis.

Kenapa kita harus latihan fisik ?
Latihan fisik tujuannya utamanya adalah untuk meningkatkan potensi fungsional atlet dan mengembangkan kemampuan biomotor ke derajat yang paling tinggi. 

Melalui latihan kondisi fisik secara rutin dan teratur maka kebugaran jasmani atlet dapat dipertahankan atau ditingkatkan, baik yang berhubungan dengan keterampilan maupun dengan kesehatan secara umum. 

Dimana kebugaran jasmani ini sebagai penentu ukuran kemampuan fisik seseorang (atlet) dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. 

Makin tinggi derajat kesegaran jasmani atlet makin tinggi pula kemampuan kerja fisiknya. Latihan kondisi fisik merupakan program pokok dalam pembinaan atlet untuk berprestasi seperti halnya dalam prestasi bulutangkis atau bola voli.

Seperti apakah latihan kondisi fisik tersebut ?
Latihan kondisi fisik adalah proses mengembangkan kemampuan aktivitas gerak jasmani yang dilakukan secara sistematik dan ditingkatkan secara progresif untuk mempertahankan atau meningkatkan derajat kebugaran jasmani agar tercapai kemampuan fisik yang optimal. 

Kondisi fisik merupakan unsur yang sangat penting hampir diseluruh cabang olahraga, oleh karena itu latihan kondisi fisik perlu mendapat perhatian yang serius yang direncanakan dengan matang dan sistematis sehingga tingkat kesegaran jasmani dan kemampuan fungsional alat tubuh lebih baik.

Baca Selanjutnya KOMPONEN KONDISI FISIK

Apakah pengaruhnya terhadap performa kondisi fisik seorang atlet ?

Pengaruh latihan kondisi fisik terhadap kondisi dalam tubuh adalah:
a.Adanya sebuah peningkatan  kemampuan sistem sirkulasi darah dan kinerja jantung dalam tubuh.
b.Adanya peningkatan dalam kekuatan, fleksibilitas, performa, speed, dan aspek kondisi fisik lainnya.
c.Adanya peningkatan efektivitas dan efisiensi gerak kearah lebih baik.
d.Waktu pemulihan (recofery) tubuh akan lebih cepat dari masa kelelahan.
e.Tubuh akan lebih aktif bergerak dan menerima respon juga akan lebih cepat apabila diperlukan.

Komponen penting yang  perlu dilatih dalam latihan kondisi  fisik adalah: (1) latihan kekuatan; (2)  latihan daya tahan; (3) latihan Kelenturan (flexibility); (4) latihan kecepatan (speed); (5) keseimbangan (balance); (6) latihan kelincahan (agility); (7) latihan power; (8)  latihan stamina; (9)  latihan ketepatan; (10) latihan koordinasi.


0 komentar: