Sunday 22 November 2015

Tips Sederhana Merawat dan Membuat Pupuk Alami Pada Anggrek


Indonesia memiliki keanekaragaman Anggrek yang sangat tinggi. Anggrek atau Orchidaceae merupakan satu suku tanaman berbunga dan memiliki anggota jenis terbanyak. Anggrek di Indonesia pada umumnya hidup sebagai Epifit pada pohon-pohon di hutan dari pulau Sumatera sampai Papua. Selama berabad-abad bunga anggrek sering dijadikan simbol rasa cinta, kemewahan dan keindahan. Pada permulaan abad ke-18, kegiatan mengkoleksi berbagai jenis anggrek mulai banyak dilakukan oleh masyarakat di segala penjuru dunia dikarenakan keindahan bunga tanaman ini.

Anggrek bisa hidup di daerah beriklim Tropis dan Iklim Sedang, anggrek pada daerah tropis hidup sebagai Epifit sedangkan pada daerah Iklim Sedang hidup didalam tanah.  Anggrek pada daerah beriklim sedang membentuk umbi di dalam tanah sebagai wujud adaptasi terhadap musim dingin. Anggrek merupakan tumbuhan yang membutuhkan perawatan yang sedikit rumit namun tidak sulit untuk dilakukan.

Unsur-unsur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman anggrek tersebut meliputi:
  1. Nitrogen :Nitrogen sangat dibutuhkan untuk keperluan sintesis protein, asam nukleat, asam amino, koenzim dan sebagai konsistuen penyusun zat hijau daun (klorofil).
  2. Fosfor : Fosfor berguna untuk pertumbuhan akar dan pendewasaan tanaman.
  3. Potasium dan Kalium : Dalam jaringan tanaman, potasium dan kalium berfungsi mempelancar reaksi fotosintesis, respirasi, dan translokasi karbohidrat.
  4. Kalsium : Kalsium dibutuhkan sebagai bahan pengisi untuk dinding sel tanaman. Selain itu, kalsium juga digunakan untuk meningkatkan hormon tanaman tertentu yang berperan untukdetosifikasi berbagai racun yang masuk.Magnesium
  5. Magnesium diperlukan tanaman untuk membantu kerja enzim atau sebagai aktivator enzim, juga terlibat dalam proses metabolisme sintesis protein.
  6. Sulfur : Sulfur merupakan bagian dari komponen penyusun asam amino, vitamin, dan berperan sebagai koenzim.

Media Tanam Anggrek
Tanaman anggrek biasanya ditanam di dalam pot yang merupakan media pertumbuhan. Dalam media pertumbuhan ini terdapat berbagai bahan yang berupa materi khusus yang telah didesain untuk tanaman anggrek. Di antaranya, yaitu:arang atau kayu bakar, kulit kelapa, pecahan batu bata atau genting, dan sabut kelapa.


Pemeliharaan
Pada tahap pemeliharaan dari cara menanam bunga anggrek terdiri dari pemupukan, penyiraman, serta pengendalian hama dan penyakit.

Pemupukan dengan membuat pupuk ZPT giberllyn

giberlin adalah zpt perangsang pertumbuhan tanaman, yg mampuh menjadikan tanaman dalam ukuran yg lebih besar dr ukuran yg normal. Giberllyn pertama kali di coba pada jagung kerdil dan hasinya jagung yg di beri zpt giberllyn memiliki ukuran yg lebih besar drukuran normal. Giberllyn sangat cocok untuk tanaman anggrek yg mengalami kelambatan dlm pertumbuhan.

Bahan.
  1. 1 buah hati rebung kira2 200 gr
  2. 2 sendok makan mecin
  3. 2 sendok makan sodium
  4. Untuk 1 liter air
  5. Kecamba 1 bungkus ukuran plastik seperapt ons
CARA MEMBUAT :
  1. Halukan kecamba dan rebung lalu mrebusnya
  2. Setelah dinggin di saring lalu masukan mecin dan sodium larutkan dan siap di gunakan.
  3. Pupuk tidak akan basi

0 komentar: