RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1 (Ganjil )
|
Materi Pokok
|
:
|
Lari Jarak Pendek
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x pertemuan Peer Teaching
|
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
1
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai
agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga,
dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan
sesudah pelajaran
b. Selalu berusaha secara maksimal dan
tawakal dengan hasil akhir
c. Mempraktikkan kebiasaan baik dalam
berolahraga dan latihan
|
1.1.1
Memanjatkan doa
sebelum dan sesudah pembelajaran
1.1.2
Bersyukur atas
segala nikmat sehat
|
2
|
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain
2.2
Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang lain,
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
|
2.1.1 merawat dan
menggunakan peralatan olahraga dengan baik, dikembalikan pada tempatnya, dan
menjaga keselamatan diri sendiri dan teman
|
3
|
3.3 Memahami pengetahuan gerak dasar atletik
(jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).
|
3.1.1
Menjelaskan tentang start
lari jarak pendek
3.1.2
Menjelaskan sikap lari jarak
pendek
3.1.3
Menjelaskan sikap saat memasuki garis finish
|
4
|
4.3 Mempraktikkan
gerak dasar dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) menekankan
gerak dasar fundamentalnya.
|
4.3.1 Melakukan start lari jarak pendek.
4.3.2 Melakukan gerakan lari jarak pendek.
4.3.3 Melakukan gerakan memasuki garis
finish. |
C. Tujuan
Pembelajaran :
Setelahmengikutpembelajaranini,
diharapkanpesertadidikdapat:
1.
Menumbuhkan sikap religius.
2.
Menunjukkan sikapsportifdan disiplin selama mengikuti pembelajaran.
3.
Menjelaskas sikap badan pada saat mendengar aba-aba bersedia ,siap, ya”
4.
Menjelaskan sikap badan pada saat lari jarak pendek.
5.
Menjelaskan sikap badan pada saat memasuki garis finish.
6.
Melakukan start lari jarak
pendek.
7.
Melukukan lari jarak pendek.
8.
Melakukan gerakan memasuki garis
finish.
D. Materi Pembelajaran :
Lari jarak pendek/lari cepat
Dalam lari jarak pendek kita harus menguasai tiga gerak
fundamental yang harus dikuasai dengan baik, Tiga gerak itu adalah :
1.
Gerak melakukan start
2.
Gerakan lari cepat
3.
Cara memasuki garis finish
1.
Tehnik dasar start jongkok
a.
Start panjang (long start)
Cara melakukannya start panjang
sebagaiberikut:
1. Sikap jongkok rilek.
2. Lutut kaki kananmenempel di tanah/start blok.
3. Kaki kiri berada didepan dengan posisi jinjit.
4. Kedua tangan menempel diatas garis start dengan
tangan membentuk huruf V.
5. Pandangan rileks ke bawah.
b.
Start menengah (medium start)
Cara
melakukannya adalah
1.
Sikap jongkok lutut kaki kanan
menempelditanah/ start blok
2. Kaki kiri
berada disamping lutut kaki kanan, kedua tangan menempel digaris start.
3. Pandangan ke
bawah rilek kosentrasi pada aba aba start
c.
Start pendek/shot start
Cara melakukanya
1. Jongkok
relek,dan lutut kaki kanan menempel tanah/star blok
2. Kaki kiri
terltak diantara kaki kanan dan lutut kaki kanan
3. Kedua
tangan menempel diatas garis start
4. Pandangan releks ke ke bawah dan
konsentrasi aba-aba start
Perbedaan antara start panjang
<menengah dan pendek terletak dari panjang tumpuan balok start
d.
Aba-aba start jongkok
Dalam melakukan start jongkok ada
tiga tahapan yang disesuaikan dengan aba-aba
1. Aba-aba bersedia :
a. Salah satu lutut di tanah
b. Badan membungkuk kedepan kedua Tangan terletak diatas garis start keempat
jari tembuka membentuk huruh v.
c. Kepala rileks pandangan ke bawahdan konsentrasi aba-aba
berikutnya.
2. Aba-aba siap; pada aba-aba siap :
a. Lutut yang menempel ditanah,panggul diangkat
setinggi bahu dan berat badan dibawa kemuka, kaki belakang membentuk sudut 120
derajat sedangkan kaki depan membentuk sudat 90 derajat.
b. Kepala tetap nunduk leher rilek pandangan ke
bawahdankosentrasi pada aba-aba berrikutnya.
3. Aba-aba Ya’’
Pada
aba-aba Ya’’ atau bunyi pistol maka yang
perlu dilakukan
a. Menolak kedepan dengan kekuatan penuh atau gerakan meluncur
b. Badan tetap condong kedepan dan diikuti gerakan lengan
yang diayunkan
c. Dilanjutkan dengan gerakan langkahkaki pendek-pendek
tetapi cepat agar badan tidak jatuh kedepan
Pesrta
didik diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan lalu temukan pola yang
paling sesuai buat mereka
2. Tenik lari jarak pendek sbb :
1. Prinsip lari cepat yaitu lari pada ujung kaki ,tumpuan
kuat ,mendapat dorongan yang kuat.
2. Sikap badan condong kedepan kurang lebih 60 derajat .
3. Ayunan tangan kuat dan cepat siku dilipat kedua tangan
menggenggam agar gerakan keki juga cepat dan kuat.
4. Setelah kurang lebih 20 m, dari garis start langkah
diperlebar dan sikap badan condong agak dinaikkan sedikit seperti pesawat
terbang naik ke udara, ayunan tangan dan gerakan langkah kaki serta kekuatan harus ditingkatkan’.
Peserta
didik diminta mengamati dan merasakan kordinasi gerakan lalu temukan pola yang paling sesuai dengan mereka.
3 . Pembelajaran Teknik
Memasuki Garis Finish
Setelah menempuh jarak
100 m dengan kecepatan maksimal, gerakan selanjutnya
memasuki garis finish.
Teknik memasuki garis finish adalah sebagai berikut.
a. Berlari secepat
mungkin, jika perlu ditingkatkan kecepatannya seakan-akan garis
finish masih 10 m di
belakang garis sesungguhnya.
b. Setelah sampai
kurang lebih satu meter di depan
garis finish merebahkan
badan ke depan tanpa mengurangi kecepatan
c. Sampai garis finish membusungkan dada,
tangan ditarik ke belakang atau putar salahsatu bahu ke depan. Peserta didik
diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan,
E. MetodePembelajaran.
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Model : Discovery Learning
3.
Metode : Resiprokal
F.
Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Menyapa
dan mengucap salam.
·
Berbaris,
berdoa, presensi, dan apersepsi dengan mengaitkan materi pembelajaran sekarang
dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan
motivasi, menjelaskan tujuan dan manfaat materi pembelajaran.
· Menyampaikan tahapan kegiatan
pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan
(pengamat-pelaku), membagikan LKS, mengatur giliran peran, melakukan
klarifikasi, melakukan penilaian).
|
10 menit
|
Inti
|
1. Melakukan aktivitas
permainan kecil untuk
pemanasan (permainan mencuri ekor), didahului
dengan peregangan ringan.
2. Melakukan
rangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan scientific dan dengan metode resiprokal.
Mengamati
·
Membaca informasi tentang gerak fundamental atletik lari jarak pendek/sprint
·
Mencari informasi tentang gerak fundamental atletik lari jarak pendek/sprint dari berbagai sumber media cetak atau
elektronik, atau
·
Mengamati atletik lari jarak pendek/sprint secara langsung dan atau di TV/Video
dan membuat catatan tentang gerak fundamental atletik lari jarak pendek/sprint dan membuat catatan hasil
pengamatan(Discovery Learning).
Menanya
·
Peserta didik secara bergantian
saling bertanya tentang gerak fundamental lari cepat, misalnya : apakah
ayunan lengan mempengaruhi kecepatan dalam lari cepat? bagaimana akibatnya
bila berlari sambil memejamkan mata?, Bagaimana reaksi jantung dan paru
selama melakukan aktivitas lari cepat?
·
Menanyakan berbagai hal yang ingin
diketahui lebih lanjut baik kepada teman sebayaa maupun kepada guru
·
Melakukan berbagai klarifikasi
kepada guru mengenai berbagai hal yang belum dipahami (Discovery Learning).
Mencoba/Eksplorasi
·
Berlari simpang
siur secara bersama-sama dengan menunjukkan nilai kerjasama, disiplin dan
toleransi
·
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
melakukan start lari jarak pendek sesuai dengan hasil pengamatan.
·
Peserta didik mengamati gerakan yang dicontohkan.
·
Peserta didik dibagi
menjadi 2
kelompok
·
Peserta didik mengambil bahan ajar yang
disiapkan oleh guru, yang berisi deskripsi
tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap kelompok.
·
Peserta didik membagi tugas,
siapa yang pertama kali melakukan start lari jarak pendek dengan diberi aba-aba besedia,
siap ,ya”, seterusnya dilakukan secara bergantian sampai semua anggota
kelompok melakukan start
jongkok dan yang lain
menjadi pengamat
·
Peserta didik melakukan tehnik lari dengan badan condong kedepan
disertai tangan diayun dilakukan secara kelompok maupun perorangan.
·
Peserta didik melakukan latihan
merebahkan badan dengan tidak mengurangi kecepatan untuk memasuki garis
finish.
·
Mendiskusikansetiap
gerak fundamental lari cepat (posisi togok, ayunan lengan, ayunan langkah
kaki, mendarat, dan memasuki garis finis) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan
bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat
melakukan gerak fundamental lari cepat (posisi togok, ayunan lengan, ayunan
langkah kaki, mendarat, dan memasuki garis finis) dengan benar dan
membuat kesimpulannya.
Menalar
·
Peserta didik menilai gerakan lari jarak pendek, mulai start, lari, dan gerakan
memasuki finish secara
individu
·
Secara berkelompok peserta
saling menilai gerakan lari jarak pendek
· Pengamat berusaha menilai gerakan start
jongkok yang dilakukan oleh pasangan dan berusaha mengambil kesimpulan
gerakan yang paling sesuai dengan gambar.
· Peserta didik saling memberi masukan dan
melakukan perbaikan sesuai dengna hasil pengamatan dan simpulan (Discovery Learning 4)
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik melakukan start sesuai dengan keinginan sendiri yang paling cocok
dengan dirinya sendiri
·
Peserta didik melakukan lari cepat dengan kecondongan sesuai dengan dirinya sendiri
·
Peserta didik melakukan lari dan memasuki
finish sesuai dengan fersi yang paling cocok untuk dirinya sendiri
·
Guru mengamati keterampilan peserta didik selama melakukan kegiatan untuk dijadikan bahan peniaian
3. Guru melakukan
penilaian (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) selama pembelajaran
berlansung.
|
15 menit
|
Penutup
|
·
Merangkum dan menyimpulkan materi
pembelajaran secara bersama-sama.
·
Melakukan
refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi lari jarak pendek
·
Memberikan
umpan balik dan rencana kegiatan pembelajaran berikutnya
·
Berdoa bersama dan menyampaikan
salam.
|
5
Menit
|
G. SumberBelajar
1. Alat/ Bahan : Perangkat kun(1 set), peluit, stopwatch/ Lembar
Kerja Siswa (Judul: Teknik Dasar lari sprint oleh MGMP PJOK).
2. Sumber Belajar :
1. Muhajir, Buku Guru Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan, Kelas VII SMP, Jakarta: Kemdikbud, 2013
2. Muhajir, Buku
Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Kelas VII SMP, Jakarta:
Kemdikbud, 2013
3. LKS
Penjaskes Siswa kelas VII
H.
Penilaian
1.
1. Penilaian Sikap
a. Jenis/ teknik penilaian
Pengamatan oleh
rekan sejawat
b. Bentuk instrumen dan instrumen (sebaiknya dilampirkan)
Lembar pengamatan
sikap
Nama : ________________
Kelas : ________________
Petugas Pengamatan : ________________
No.
|
ASPEK
|
SKOR (1 - 4)
|
1
|
Tanggung Jawab
a. Berupaya menyelesaikan seluruh tugas yang
diberikanwaktu secara
efisien untuk mengerjakan seluruh tugas
a.
Menjalankan peran pengamat secara sukarela
b.
Melaporkan setiap peristiwa yang memerlukan penanganan guru
|
|
2
|
Disiplin
a.
Hadir tepat waktu
b.
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
c.
Mentaati prosedur kerja sesuai peran
d.
Selesai tepat waktu
|
|
3
|
Kerja sama
a.
Sebagai anggota melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam
kelompok
b.
Sebagai anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak
mendominasi)
c.
Tidak mengganggu peserta didik lain
d.
Membantu mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran
|
|
TOTAL
SKOR
|
a. Pedoman penskoran
1) Penskoran
Skor 4, jika seluruh
indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati
Skor 3, jika tiga
indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati
Skor 2, jika dua
indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati
Skor 1, jika hanya satu
indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati
2) Pengolahan skor
Skor maksimum: 16
Skor perolehan peserta
didik: SP
Nilai sikap yang
diperoleh peserta didik: SP/16 X 4
Rentang nilai sikap:
Nilai
|
Predikat
|
Nilai
Sikap
|
0,00
˂ Nilai ≤
1,00
|
D
|
KURANG
|
1,00
˂ Nilai ≤
1,33
|
D+
|
|
1,33
˂ Nilai ≤
1,66
|
C-.
|
CUKUP
|
1,66
˂ Nilai ≤
2,00
|
C
|
|
2,00
˂ Nilai ≤
2,33
|
C+
|
|
2,33
˂ Nilai ≤
2,66
|
B-
|
BAIK
|
2,66
˂ Nilai ≤
3,00
|
B
|
|
3,00
˂ Nilai ≤
3,33
|
B+
|
|
3,33
˂ Nilai ≤
3,66
|
A-
|
SANGAT BAIK
|
3,66
˂ Nilai ≤
4,00
|
A
|
2.
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Jenis/ teknik penilaian
Uji tulis
b. Bentuk instrumen dan instrumen (sebaiknya dilampirkan)
Soal uji tulis
Nama : ________________
Kelas : ________________
No
|
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
|
Jawaban
|
1
|
Fakta
a.
Sebutkan nomor nomor atletik yang menggunakan start
jongkok!
|
|
2
|
Konsep
b.
Jelaskan manfaat melakukan start jongkok pada lari jarak
pendek dalam perlombaan atletik !
|
|
c. Sebutkan berbagai kesalahan yang sering
terjadi ketika melakukan start jongkok !
|
||
3
|
Prosedur
d. Jelaskan cara melakukan teknik dasar start
jongkok pada lari sprint !
|
c. Pedoman penskoran
1) Penskoran
a.
Soal nomor 1
·
Skor
3, jika jenis disebut secara lengkap
·
Skor
2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
·
Skor
1, jika jenis disebut tidak lengkap
b.
Soal nomor 2
·
Skor
4, jika penjelasan benar dan lengkap
·
Skor
3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
·
Skor 2,
jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
·
Skor
1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c.
Soal nomor 3
·
Skor
3, jika jenis disebut secara lengkap
·
Skor
2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
·
Skor
1, jika jenis disebut tidak lengkap
d.
Soal nomor 4
·
Skor
4, jika urutan benar dan lengkap
·
Skor
3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
·
Skor 2,
jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
·
Skor
1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap
2) Pengolahan skor
Skor maksimum: 14
Skor perolehan peserta didik:
SP
Nilai sikap yang
diperoleh peserta didik: SP/14 X 4
Rentang nilai
pengetahuan:
Nilai
|
Predikat
|
0,00 ˂ Nilai
≤ 1,00
|
D.
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-.
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
2,00
˂ Nilai ≤
2,33
|
C+
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
3,00 ˂ Nilai ≤
3,33
|
B+
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
3. Penilaian Keterampilan
Butir Soal
Keterampilan (Unjuk Kerja)
a) Lakukan
teknik dasar lari jarak pendek (100 m )
Proses Penilaian Gerak
|
Skor Akhir
|
Ket
|
|||
Gerakan start lari cepat
Skor 3)
|
Gerakan ayunan lengan dan gerkan
kaki saat berlari
Skor 4
|
Sikap badan saat finish)
|
Penilaian
Produk
(Tes lari 100 m
|
||
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
Kriteria Penilaian Proses
Kriteria skor : Pelaksanaan Lari Jarak Pendek menempuh jarak 100 m
• Sikap gerakan kaki
Skor 4 :jika
(1) kaki
melanglah selebar dan secepat mungkin
(2) kaki
belakang saat menolak dari tanah harus terendang lurus dengan cepat
(3) lutut
ditekuk secara wajar agar paha mudah terayun kedepan
Skor 3: jika hanya dua
kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 2: jika
hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika
tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
· Siikap gerakan lengan
Skor 4 jika:
(1) Lengan diayun ke depani
(2) Sikut ditekuk kurang lebih membentuk sudut 90
(3) Lengan diayun secara bergantian secara konsistem
(4) Lengan diayankan
kedepan belakang
Skor 3: jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2: jika
hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika
hanya satu kriteria yang dilakukan
secara benar
· Sikap posisi badan
Skor 4 jika:
1
Saat berlari badan rilek
2
kepala sebaris punggung
3
pandangan kedepan
. 4 badan condong kedepan
Skor 3; jika
tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2: jika
hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika
hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
= X 100 %
Jumlah skor
maksimal
III. Kriteria
Penilaian Produk.
Prolehan Nilai
|
Kriteria Penskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putra
|
Putri
|
||
............>17
|
...... <
20 det
|
100 %
|
Sangat Baik
|
17,01-18,00
detik
|
21,01-21,00
detik
|
90 %
|
Baik
|
18.00-19.00
detik
|
21.01-22.00
detik
|
80 %
|
Cukup
|
19.01-20.00
detik
|
22.01-23.00
detik
|
70 %
|
Kurang
|
< 20 detik
|
.... ˂ 23
detik
|
60 %
|
Kurang sekali
|
Menyetuji
Kepala SMPPLPG
|
Surabaya, 03 September 2014
Guru Mata
Pelajaran
|
Rr.
LATHIFA ANNAQI, M.Pd
NIP
|
RONY
CANDRA OCTAVIAWAN, S.Pd
NIP
|
0 komentar:
Post a Comment