Monday 16 November 2015

Permainan Penjaskes - Permainan Mencari Kelompok


 Apakah anda mengingkan siswa anda aktif dan sehat ?
tentu pasti iya,
salah satu cara untuk meciptakan siswa yang aktif dan sehat yaitu dengan membuat olahraga permainan.

salah satunya yaitu permainan mencari kelompok.
Permainan ini merupakan sebuah permainan yang memerlukan konsentrasi tinggi dan daya tangkap perintah yang diberikan oleh guru baik dalam membentuk sebuah kelompok sesuai dengan instruksi.

Diharapkan dalam permainan ini harus cepat dalam merespon perintah, cepat dalam menghitung, interaktif dan yang paling penting, cepat dalam menghitung, interaktif dan yang paling penting adalah melatih kejujuran dan kemampuan anak dalam berkelompok tanpa memilih – milih teman.

a.Cara Bermain
  1. Semua anak berdiri dan bergerak bebas dalam sebuah lapangan yang terbukadi area bebas.
  2. Lalu seorang guru memberikan perintah untuk bergerak seperti lari, melompat, jalan, belari sambil memegang rumput, dan sebagainya. Jangan sampai anak didik berlari membentuk sebuah kelompok.
  3. Selanjutnya guru meneriakkan sebuah kata misalnya “ 5” maka murid – murid tersebut membentuk sebuah kelompok yang berjumlah 5 anak dan berdiri diam.
  4. Apabila ada anak yang belum mendapatkan kelompok atau membentuk kelompok lebih dari 5 anak maka anak atau kelompok tersebut mendapatkan hukuman dari gurunya.
  5. Dalam melakukan perintah atau instruksi permainan boleh bervariasi angkanya terserah dari gurunya misalnya : “ 3, 6, 15, 24, dst “.
  6. Lalu kembali berlari lagi setelah semua membentuk kelompok dan mendapatkan hukuman bagi yang melakukan kesalahn dalam permainan.

b.Peraturan Permainan

Setiap anak harus membentuk kelompok sesuai dengan perintah gurunya, apabila ada anak yang melakukan kesalahan seperti tidak mendapatkan kelompok atau kelebihan jumlah anak dalam sebuah kelompok maka akan mendapatkan hukuman.

0 komentar: