Sunday 12 May 2013

Inilah Manfaat Senam Aerobik Pada Tubuh, yang perlu kalian tahu

Senam yang merupakan salah satu unsur komponen kesegaran jasmani setiap manusia dan khususnya memberikan corak pada postur tubuh. Aerobik berupa latihan yang terdiri dari berbagai gerak, dalam arti sebenarnya adalah kegiatan atau gerak badan yang menuntut lebih banyak oksigen untuk memperpanjang waktu dan memaksa tubuh memperbaiki sistemnya.

Menurut Jackie Sorensens dari Amerika Serikat senam aerobik atau senam kesegaran jasmani adalah suatu program kesegaran jasmani yang lengkap meliputi ”latihan dan kegembiraan”dimana kita mengekspresikan segala perasaan dengan tertawa, melompat, menendang, jogging,meragang, bergoyang dan mengombinasikan gerakan-gerakan dansa atau dengan gerakan tari tradisional, tari rakyat bahkan tari kontemporer. Atau pengertian lain suatu aktifitas yang terus menerus yang sekaligus memadukan beberapa gerakan yang akan menguatkan jantung, peredaran darah dan membakar lemak, tubuh menjadi lebih mudah menyalurkan oksigen yang dibutuhkan yang berarti cadangan energi dan vitalitas lebih besar.

Dengan melakukan aerobik menjadikan fungsi alat-alat tubuh sehat antara kerja maksimal dan istirahat seseorang. Sehat ada dua macam:
1.    Sehat statis yaitu keadaan saat fungsi alat-alat tubuh mampu melayani dan menyesuaikan diri dengan segala tuntutan dan kebutuhan jasmani dalam keadaan istirahat.
2.    Sehat dinamis yaitu keadaan saat fungsi alat-alat tubuh mampu melayani dan menyesuaikan diri dengan segala tuntutan dan kebutuhan jasmani pada waktu kerja.

Manfaat aerobik :
1.    Membakar lemak dalam tubuh
2.    Meningkatkan daya jantung dan paru-paru
3.    Menguatkan otot tubuh
4.    Menurunkan berat badan
5.    Meningkatkan nafsu makan
6.    Mencegah penyakit yang menyerang tubuh.



3 komentar:

rony candra said...

salam kenal jg,

tentu saja boleh,
yg penting olga dilakukan dgn Fun, rutin, dan hendakx melakukan gerakan olah-raga yg variatif biar bs mhindari kjenuhan.....


thank's

Unknown said...

Salam Olahraga,
Artikelnya sangat bagus ^_^, apakah enak senam dengan tidak memakai musik? dan klo info mengenai model baju senam crystal terbaru or trend saat ini di mana ya? mhon infonya ya trims :)
salam sukses (y)

purnama said...

makasih banyak infonya mbak mengenai senam aerobik