Sunday 5 May 2013

Pengertian (Definisi) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan


Persepsi yang sempit dan keliru terhadap pendidikan jasmani akan mengakibatkan nilai-nilai luhur dan tujuan pendidikan yang terkandung di dalamnya tidak akan pernah tercapai. Orientasi pembelajaran harus disesuaikan, dengan perkembangan anak, isi dan urusan materi serta cara penyampaian harus disesuaikan sehingga menarik dan menyenangkan, sasaran pembelajaran ditujukan bukan hanya mengembangkan keterampilan olahraga, tetapi perkembangan pribadi anak seutuhnya. Konsep dasar pendidikan jasmani dan model pengajaran pendidikan jasmani yang efektif perlu dipahami bagi orang yang hendak mengajar pendidikan jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada dasarnya merupakan bagian keseluruhan dari system pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, keterampila berfikit ktitis, stabilitas emosional, keterampilan social, penalaran, dan tindakan moral.

Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia mengalami perkembangan dan perubahan secara terus menerus sebagai akumulasi respon terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi selama ini serta pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya termasuk juga ilmu kesehatan dan olahraga. Hal ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk dalam ilmu kesehatan dan olahraga.

Oleh karena sebab itu kegiatan olahraga sangat diperlukan dalam kehiduan sehari-hari, karena dengan kehidupan yang sangat penuh dengan penyakit dan kurangnya rasa bertanggung jawab orang yang telah melakukannya. Adalah suatu malapetaka bagi tumbuh sehat dan berkembang seorang anak bangsa.

Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan secara  umum. Ia merupakan salah satu dari subsistem-subsistem pendidikan. Pendidikan jasmani dapat didefinisikan sebagai suatu proses pendidikan yang ditujukan untuk mencapai tujuan pendidikan melalui gerakan fisik. Telah menjadi kenyataan umum bahwa pendidikan jasmani sebagai satu kenyataan umum bahwa pendidikan jasmani sebagai satu substansi pendidikan mempunyai peran yang berarti mengembangkan kualitas manusia Indonesia.

Apabila Anda bertanya kepada guru Penjas tentang apa tujuan yang hendak dicapai? Jawabannya mungkin bervariasi. Secara ideal, jawaban tersebut terjabar seperti butir-butir berikut:

1) Perkembangan Pribadi
  1. Pertumbuhan fisik optimal
  2. Sehat fisik, mental, sosial, dan spiritual
  3. Kesegaran jasmani optimal
  4. Cerdas
  5. Kreatif dan inovatif
  6. Terampil dalam gerak dan memecahkan masalah
  7. Jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

2)Hubungan Antar Pribadi dan Lingkungan
  1. Hormat pada sesama
  2. Gotong royong
  3. Luwes (mudah menyesuaikan diri)
  4. Komunikatif dalam ide (konsep) dan pemikiran
  5. Etika (sopan santun)
  6. Menghargai kondisi lingkungan
  7. Melestarikan lingkungan yang sehat dan harmonis
.

0 komentar: