Sunday 5 May 2013

Sudahkah Anda Tahu ?? Hubungan Olah-raga dan kondisi fisik



Olahraga adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan olahraga merupakan unsur penting dalam pemeliharaan kesehatan manusia.Olahraga juga merupakan kegiatan serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana yang dilakukan seseorang untuk mencapai suatu maksud atau tujuan tertentu.

Kegiatan olahraga memerlukan suatu persiapan fisik yang baik, apa lagi jika olahraga tersebut mengarah pada olahraga prestasi. Olahraga prestasi dalam konteks latihannya selalu dikaitkan dengan latihan kondisi fisik, yang pada dasarnya selalu berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi. Kondisi fisik merupakan salah satu syarat yang dipergunakan dalam mencapai suatu prestasi.

Untuk menghasilkan puncak prestasi pada atlet perlu adanya penerapan latihan fisik yang terprogram secara sistematis. Untuk mencapai prestasi yang diinginkan seorang atlet harus melakukan persiapan yang relatif lama, salah satunya menyangkut persiapan kondisi fisik atlet harus dibina dan ditingkatkan kondisi fisiknya sebelum mengikuti perlombaan yang sesungguhnya, sehingga atlet tersebut siap menghadapi tekanan-tekanan yang timbul dalam perlombaan baik berupa tekanan mental maupun tekanan fisik.

Perkembangan kondisi fisik yang menyeluruh amat penting. Karena tanpa kondisi fisik yang baik atlet tidak dapat mengikuti langkah-langkah latihan berikutnya. Jadi, sebelum diturunkan dalam perlombaan, seorang atlet harus sudah berada dalam suatu kondisi fisik dan tingkatan fitness yang baik untuk menghadapi intensitas kerja dan segala macam stress yang akan dihadapinya dalam perlombaan. Dari uraian di atas telah jelas bahwa untuk melakukan pembinaan kondisi fisik selalu memperhatikan penyusunan program latihan fisik yang berkesinambungan. Pembinaan kondisi fisik juga harus memperhatikan urutan kebutuhan komponen kondisi fisik yang dominan.


0 komentar: