Saturday 8 June 2013

Permainan Buaya Buta

Aktifitas bermain dalam orahraga merupakan sebuah rangkaian aktivitas sukarela yang dilakukan berdasarkan motivasi intrinsik yang secara normal berhubungan dengan kesenangan dan kenikmatan, yang didalamnya tidak ada unsur paksaan tetapi adanya sebuah kepuasan batin yang berupa kegembiraan.

Sekarang ini sudah beragam variasi permainan yang diciptakan oleh praktisi olahraga ataupun para pecinta olahraga, adapun tujuannya yaitu sama menciptakan suasana senang, riang, dan bugar secara biologis. Berikut ini ada salah satu permainan yang saya tulis, tentunya sudah tidak asing lagi 
dikalangan pecinta permainan olahraga yaitu PERMAINAN BUAYA BUTA.

Begitu banyak artikel yang menulis tentang tata aturan permainan kecil yang beragam, yang dikarenakan permainan kecil ini masih belum memiliki aturan yang baku, so aturan ini pasti akan beragam dari setiap daerah. dalam kesempatan kali ini saya ingin menulis tentang cara bermain permainan buaya buta dalam versi saya, semoga tulisan atau artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.


Adapun Tujuan bermain dalam permainan buaya buta tersebut sebagai berikut:
  1. Melatih kepekaan indra dan lingkungan
  2. Merangsang siswa untuk bisa aktif bergerak
  3. Membentuk jiwa pemimpin
  4. Membentuk jiwa sportifitas


Permainan BUAYA BUTA merupakan sebuah permainan yang merangsang insting seorang siswa untuk melatih peka terhadap lingkungan. Berikut ini cara bermain:

Cara bermain
  1. Membuat sebuah lingkungan yang besar dengan cara digaris.
  2. Dalam lingkaran terdapat 5 – 10 orang dan ada satu orang yang menjadi buaya yang ditutup matanya dengan kain sehingga tidak dapat melihat.
  3. Diluar lingkaran ada satu orang yang akan memandu biaya untuk mengejar mangsanya yang ada dalam lingkaran.
  4. Bagi mangsa yang kena sentuh oleh buaya maka mangsa tersebut berganti menjadi buaya dan buaya menjadi mangsa.

Aturan Permainan
  1. Pemain yang menjadi buaya (yang ditutup matanya) mengikuti intruksi/arahan dari yang dari luar, untuk bergerak maju mundur atau ke kanan kekiri.
  2. Pemain yang tidak menjadi buaya, dilarang keluar garis yang sudah ditentukan.
  3. Jika keluar maka pemain tersebut, menggantikan pemain yang menjadi buaya.
  4. Bermainlah secara sesportif


Beginilah cara bermain, aturan permainan, serta tujuan dari permainan buaya buta. Semoga bisa memberi manfaat yang bisa menumbuhkan daya kembang dalam membentuk sebuah karakter yang baik.

0 komentar: