Saturday 18 May 2013

Atletik, Sejarah Olahraga Atletik (ibu olahraga)


Jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama kali pada 776 SM.

Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), dan di internasional IAAF (International Association of Athletics Federations).

Olahraga atletik merupakan satu-satunya olahraga yang di perlombakan pada olimpiade tersebut.Sejarah Atletik adalah dimulai pada saat diselenggarakan olimpiade pertama. Atletik sendiri event yang diselenggarakan pada olimpiade tersebut, 776 SM. Saat itu, satu-satunya event yang ada adalah perlombaan lari atau stade.


Atletik adalah cabang olahraga yang meliputi lari, lompat dan lempar, boleh dikatakan cabang olahraga yang paling tua, karena umur atletik sama dengan mulainya ada manusia pertama di dunia. Lari (jalan), lompat dan lempar adalah bentuk gerak yang paling asli dan paling wajar dari manusia, dan merupakan gerakan-gerakan yang amat penting dan tidak ternilai artinya bagi manusia.


Atletik dipandang dan diakui sebagai “IBU SEGALA OLAHRAGA” karena semua bentuk gerak manusia terdapat dalam atletik. Sedangkan orang yang menekuni atau membidangi dunia atletik biasa disebut dengan atlet atletik. Adapun dalam perlombaan atletik terdapat nomor-nomor yang di dalam lintasan (track) dan ada yang dilakukan di lapangan (field). Oleh karena itu atletik di Amerika dinamakan “Track and Field”


Pada 1912, dibentuklah IAAF. Sebuah badan pengelola internasional. Pada 1983, IAAF menyelenggarakan beberapa kejuaran dunia outdoor. Sebagian ada yang merupakan pertandingan regional, seperti kejuaran Eropa, American games, dan commonwealth games.Selain itu, ada sirkuit Liga Emas Profesional yang di akumulasikan dalam IAAF world athletics final dan kejuaraan dalam ruangan seperti world indoor championship. Olahraga tersebut memiliki profil tinggi selama kejuaraan besar, kususnya olimpiade.


Awal sejarah Atletik di Indonesia tercatat pada permulaan tahun 1930-an, ketika Pemerintah Hindia Belanda memasukkan Atletik sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah. Di kalangan masyarakat pada waktu itu cabang olahraga ini belum tersebar luas, karena hanya dikenal di lingkungan pendidikan saja.

Walaupun demikian, masyarakat lambat laun mengenal sifat dan manfaat Atletik ini dan dari hari ke hari penggemarnya bertambah. Oleh kalangan Belanda telah dibentuk sebuah organisasi, yang akan menangani penyelenggaraan pertandingan-pertandingan Atletik dengan nama Nederlands Indische Athletiek Unie (NIAU). PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indinesia) baru didirikan resmi pada tanggal 3 September 1950 di kota Semarang




0 komentar: