Tuesday 1 December 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP) K-13 PENJASORKES SMP MATERI POKOK PERMAINAN BOLA KASTI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Satuan Pendidikan                               : SMP PLUS DARUL ULUM
Mata Pelajaran                                     : Penjasorkes
Kelas/ Semester                                  : VII/Satu
Materi Pokok                                        : Permainan Bola Kasti
Alokasi Waktu                                      : 2 pertemuan  (6 JP)

A.        Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,   gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.         Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
          a.     Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
         b.     Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir
1.    Memanjatkan doa sebelum dan sesudah    pelajaran
2.    Jika belum mencapai target belajar, tetap bersyukur dan terus berlatih
2
2.1      Berperilaku sportif dalam bermain.

3.    Mengikuti peraturan permainan
3
3.2  Memahami konsep keterampilan gerak  fundamental permainan bola kecil.
4.    Menjelaskan  cara melempar bola
5.    Menjelaskan cara melambungkan bola
6.    Menjelaskan cara lempar tangkap
4
4.2  Mempraktikkan teknik dasar permainan bola kecil dengan menekankan gerak dasar fundamental.
7.    Melempar bola
8.    Melambungkan bola
9.    Lempar tangkap


C.         Tujuan Pembelajaran  
               Pertemuan Pertama
1.     Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah pelajaran dengan baik
2.     Peserta didik mengikuti peraturan permainan kasti  dengan baik
3.     Peserta didik dapat menjelaskan cara melempar bola dengan berbagai macam lemparan  dengan benar
4.     Peserta didik dapat menjelaskan  cara melambungkan bola dengan benar
5.     Peserta didik dapat menjelaskan cara lempar tangkap bola dengan benar.




 Pertemuan Kedua

1.     Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah pelajaran dengan baik
2.     Peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran dengan sungguh-sungguh
3.     ungkuPeserta didik mengikuti peraturan permainan kasti dengan baik
4.     Peserta didik dapat mempraktekkan cara melempar bola dengan berbagai arah dengan benar
5.     Peserta didik dapat memvariasikan cara melambungkan bola dengan benar
6.     Peserta didik dapat memvariasikan lempar tangkap bola dengan benar.
7.     Peserta didik dapat bermain kasti dengan peraturan yang di modifikasi

D.        Materi Pembelajaran 
1.          Pertemuan 1
a.        Teknik melempar bola
b.       Teknik melambungkan bola
2.          Pertemuan 2
a.        Teknik variasi melambungkan bola
b.       Teknik variasi lempar tangkap bola

E.         Metode Pembelajaran
1.          Pembelajaran Kooperatif
2.          Pembelajaran Langsung

F.         Sumber Belajar
1.       Muhajir dan Sutrisno, Budi. 2013.  Buku Guru Penjasorkes Kelas VII. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif (halaman 55-72)
2.       Muhajir dan Sutrisno, Budi. 2013.  Penjasorkes Kelas VII. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif (halaman 48-59)


G.        Media Pembelajaran
                   1.     Media
Lapangan

                   2.     Alat dan bahan
  *  Peluit
  * Bola kasti
  * Pemukul
  * Kapur                 
Lembar kerja siswa


H.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran             

Pertemuan Pertama
a.          Pendahuluan  (25 menit)
1.  Berbaris
Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta didik yg tinggi di sebelah kanan
2.  Presensi
Mengecek kehadiran peserta  didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
3.  Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4.  Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
a.     Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
b.     Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
5.  Pemanasan
Menugaskan peserta didik untuk melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan. Diupayakan gerakan pemanasan lebih banyak difokuskan pada pemanasan dengan menggunakan game, caranya:
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok untuk melakukan permainan kasti yang dimodifikasi karena permainan ini bisa membuat siswa lebih mengenal tehnik dasar melempar, melambungkan bola, lempar tangkap berlari

b.         Kegiatan inti (80 menit)
Mengamati
a)       Mengamati penjelasan konsep dan contoh teknik dasar melempar bola dengan cara :
b)       Peserta didik dibariskan dua bersaf, baris belakang bergeser ke kanan sedikit sehingga memungkinkan masing-masing dari mereka dapat melihat dengan baik contoh gerakan yang disajikan oleh guru.
c)       Peserta didik diminta untuk mengamati dan mencatat ada berapa indikator kesempurnaan yang ditemukan pada gerakan tersebut.

Menanya
1.     Mempertanyakan teknik dasar melempar dan melambungkan bola yang benar supaya hasilnya dapat maksimal.
Pada akhir episode penjelasan gerak dan demo dari guru, peserta didik diberi kesempatan untuk menanya pada guru terkait dengan kejelasan dari (1) tujuan gerakan, (2) prosedur gerakan, dan (3) prasarat kemampuan.

Mengeksplorasi
2.     Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh.
Siswa dibagi menjadi 4. Masing-masing kelompok digunakan oleh 8 peserta didik. Di tiap-tiap kelompok disediakan 1 bola. Di masing-masing kelompok peserta didik melakukan eksplorasi tujuan dan cara yang tepat untuk melempar, melambungkan bola dan lempar tangkap
Cara yang digunakan adalah tiap kelompok diminta melakukan 1 macam gerakan melempar dan 1 macam gerakan melambungkan bola. Setelah diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, mereka diminta untuk mencari 1 bentuk menendang dan menghentikan bola dengan cara yang lain. Cara inipun diupayakan diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, dan seterusnya hingga mereka mampu mengeplorasi sebanyak-banyaknya cara melempardan menangkap bola. Hasil temuan tiap-tiap kelompok di laporkan kepada guru dan atau dipresentasikan ke kelompok lain.

Berikut adalah contoh bentuk melempar dan melambungkan bola yang mungkin dilakukan oleh tiap-tiap kelompok:
a)       Peserta didik melambungkan bola kepada pemukul.
b)       Peserta didik melempar bola lurus/mendatar ke arah teman di hadapannya
c)       Peserta didik melempar bola  melambung ke arah teman di hadapannya dan teman pasangannya menangkap  (berpasangan), di tempat.
d)       Peserta didik melmpar bola rendah  ke arah teman di hadapannya dan teman pasangannya setelah melakukan kemudian berpindah tempat. Perpindahan tempat ditentukan oleh masing-masing kelompok belajar (berkelompok).

Mengasosiasi
3.     Menganalisa hasil temuan kelompok menggunakan format yang disediakan oleh guru.Peserta didik tetap bekerja dalam kelompok masing-masing. Setiap kelompok difasilitasi guru dengan lembar pengamatan dan lembar penilaian gerak menendang dan menghentikan bola. Masing-masing gerakan yang berhasil ditemukan, diminta dilakukan ulang oleh masing-masing anggota kelompok dan dinilai menggunakan format dari guru. Cara dan hasil yang ditulis dalam format diserahkan sepenuhnya pada hasil diskusi dalam kelompok. Lembar pengamatan yang sudah dipandang terisi lengkap dan sempurna oleh dalam masing-masing kelompok, selanjutnya dimintakan konfirmasi kepada guru dengan menggunakan format berikut.
Lembar pengamatan

No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Letak bola




3.
Ayunan tangan




4.
Gerak lanjutan




          Kesimpulan: ..........................................................................................................
                                  .........................................................................................................
          Rencana lanjut: ....................................................................................................
                                      .....................................................................................................        


Lembar pengamatan
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Pandangan ke arah bola




3.
Gerakan kaki




4.
Gerakan lanjutan




         Kesimpulan: ..........................................................................................................
                                 ..........................................................................................................
          Rencana lanjut: .....................................................................................................
                                      .....................................................................................................

Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar
        Petunjuk pengisian kesimpulan:
No
Rentang skor
Kategori
Diskripsi
1
1 s.d 2
Salah
Melihat hasil pengamatan
2
3 s.d 4
Mendekati salah
Melihat hasil pengamatan
3
5 s.d 6
Mendekati benar
Melihat hasil pengamatan
4
7 s.d 8
Benar
Melihat hasil pengamatan

Mengkomunikasikan
4.     Paparan kelompok tentang hasil temuan dan penilaian gerakan
a)          Pada sesi ini, guru memberi kesempatan bergiliran pada masing-masing kelompok untuk memaparkan temuan mereka kepada guru dan kelompok lain.
b)         Kelompok lain diminta untuk mencatat kesan dan tanggapan terhadap temuan yang ditampilkan.
c)          Setelah 4 kelompok selesai memaparkan, tiap-tiap kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan mereka masing-masing.
d)         Kegiatan ini diakhiri dengan tanggapan, simpulan umum, apresiasi dan pemberian motivasi dari guru.

c.          Penutup (15 menit)
1.   Penenangan (cooling down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik
2. Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
3. Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
4. Refleksi dari guru dan peserta didik
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang materi pembelajaran permainan bola kasti yang mereka pelajari dari sisi fungsi berbagai teknik melempar dan melambungkan bola, kemudian guru memberi penekanan dari hasil yang disampaikan peserta didik
5. Tindak lanjut dan penjelaskan materi minggu depan
Guru memberikan tugas lari untuk persiapan pembelajaran minggu depan yaitu materi berikutnya.
6. Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
7. Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.


2.          Pertemuan 2
a.          Pendahuluan  (25 menit)
1.  Berbaris
Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta didik yg tinggi disebelah kanan
2.  Presensi
Mengecek kehadiran peserta  didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
3.  Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4.  Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
a)       Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
b)       Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
5.  Pemanasan
a)       Menugaskan peserta didik untuk melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan yang dilanjutkan dengan mengulang materi minggu lalu.

b.         Kegiatan inti (80 menit)
Mengamati
1.      Mengamati penjelasan konsep dan contoh teknik dasar menangkap bola dan memukul bola dengan cara:
a)       Peserta  didik berbaris kembali dua bersaf yang tinggi sebelah kanan, dan diistirahatkan.
b)       Peserta  didik mendengarkan penjelasan dan kontoh dari guru. Contoh bisa dari model yang dipersiapkan guru.

Menanya
2.     Pada akhir penjelasan dan contoh dari guru peserta didik diberi kesempatan bertanya mengenai  teknik dasar menangkap dan memukul bola yang benar supaya hasilnya dapat maksimal.

Mengeksplorasi
3.     Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh, peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok diberi 1 pemukul dan 1 bola. Kegiatan yang mereka lakukan adalah memukul dengan lambungan bola Caranya
masing- masing kelompok melakukan kegiatan:
a)       Memukul bola dengan lambungan dari arah depan.
b)       Memukul bola dengan lambungan bola dari arah samping.
c)       Memukul bola dan berlari
d)       Mengkombinasikan tehnik dasar melempar, melambungkan bola dan memukul

Mengasosiasi
4.     Membagi 4 kelompok belajar untuk mempraktikkan teknik dasar melempar, melambungkan bola, menangkap dan memukul sesuai konsep untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dengan cara:

Peserta didik melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri,  dengan cara menuangkan dalam lembar pengamatan. Yang dilakukan teman sejawat dan dikonfirmasi guru.

Lembar pengamatan
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Perkenaan bola




3.
Gerakan akhir setelah memukul




4.
Hasil akhir




          Kesimpulan: ..........................................................................................................
                                  .........................................................................................................
          Rencana lanjut: .....................................................................................................
                                      .....................................................................................................          

Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar

        Petunjuk pengisian kesimpulan:
No
Rentang skor
Kategori
Diskripsi
1
1 s.d 2
Salah
Melihat hasil pengamatan
2
3 s.d 4
Mendekati salah
Melihat hasil pengamatan
3
5 s.d 6
Mendekati benar
Melihat hasil pengamatan
4
7 s.d 8
Benar
Melihat hasil pengamatan



Peserta didik yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktunya.
Peserta didik yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan dengan peraturan yang dimodifikasi.

Mengkomunikasikan

5.     Bermain
Peserta didik bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi, menggunakan teknik dasar yg telah dipelajari. Peserta didik saling berkompetisi dengan bimbingan guru yang menang mendapatkan apresiasi dari guru berupa pernyataan “BAGUS” (bisa juga berupa ucapan selamat atau yg lainnya),  sedangkan yang kalah dimotivasi untuk lebih giat dalam latihan.

c.          Penutup (15 menit)
1.   Penenangan (cooling down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik
2. Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
3. Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
4. Refleksi dari guru dan peserta didik
Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
5. Tindak lanjut dan penjelaskan materi minggu depan
Guru memberikan tugas yang terkait dengan pembelajaran hari ini dan sekaligus memberi penjelaskan untuk materi yang perlu dipelajari dan akan dipelajari pada pertemuan minggu depan.
6. Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
7. Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.


Rubrik Penilaian, silahkan klik disini Rubrik Penilaian

0 komentar: