Monday 16 November 2015

Permainan Penjaskes - PERMAINAN SEHATI SEJIWA BERDIRI TEGAK



Permainan ini merupakan sebuah permainan kelompok. Setiap kelompok bebas menentukan jumlah pasangan disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada. Permainan Sehati Sejiwa Berdiri Tegak ini harus berpasang – pasangan. Tujuan dari game atau permainan ini untuk melatih kerjasama, daya respon anak, kecepatan, kekuatan lutut dan melatih kekompakan anak karena permainan ini memerlukan sikap saling bersama untuk dapat bergerak cepat dari posisi duduk sampai posisi berdiri.

a.Cara Bermain
  1. Membentuk kelompok secara berpasang – pasangan sesuai dengan jumlah siswa yang ada. Bisa 2 pasang, 4 pasang, 6 pasang, 12 pasang, bahkan separuh dari jumlah siswa yang ada.
  2. Dalam satu kelompok setiap siswa harus berpasang – pasangan saling memunggungi dan merapat dengan pasangan yang lain.
  3. Semua tangan saling mengait dengan tangan teman di samping dan di belakangnya, tidak ada boleh yang lepas dan saling menyambung dalam satu kelompok tersebut.
  4. Semua kelompok dalam posisi berdiri, setiap kelompok merapat satu sama lain dan berkonsentrasi mendengarkan aba – aba peluit atau aba – aba suara dari guru.
  5. Begitu peluit ditiup tanda dimulainya permainan, maka secepat-cepatnya semua siswa duduk dengan kak ditekuk, punggung tetap menempel dan tangan tetap terkait tanpa ada yang terlepas dari kaitannya.
  6. Saat peluit berikutnya ditiup, semua harus berdiri secepat-cepatnya kembali ke posisi semula dan tangan tetap terkait dengan tangan teman satu kelompoknya dan begitu seterusnya.
  7. Kaki ditekuk berfungsi sebagai dorongan ketika berdiri dan punggung menempel berfungsi sebagai daya keseimbangan ketika saling dorong antar punggung untuk berdiri.

b.Peraturan Permainan
  1. Posisi barisan harus rapat dan tangan semua anggota kelompok harus saling mengait.
  2. Pada saat duduk posisi kaki harus ditekuk dan tangan tetap terkait dengan tangan satu kelompok.
  3. Jika  kaitan tangan terlepas ketika waktu duduk atau ketika berdiri maka kelompok tersebut dianggap kalah dan harus harus mendapatkan hukuman.

0 komentar: