Thursday 26 November 2015

Permainan Penjaskes Gobak Sodor



 
Bukan hal yang asing lagi, permainan GObak SOdor ini
waktu kita masih kecil, biasanya sudah mengalami permainan ini.. huff sedikit nostalgia. hehee
tapi sekarang kita gak ngebahas memory masa kecil, tapi sedang membahas bagaimana cara bermain dan aturan permainan gobak sodor. 
 
Tahukah anda Permainan GObak Sodor itu apa dan bagaimana ??
 
Gobak sodor merupakan salah satu permainan olahraga tradisional yang  melakukan permainan ini dibagi menjadi 2 kelompok yang tiap – tiap kelompok di bagi menjadi 2 kelompok, ada yang menjadi offensedan defense. 
 
Apa yang diperlukan dalam bermain gobak sodor ini ??
Permainan ini memerlukan ketangkasan, kelincahan, kecepatan, respon, sportifitas dan kemampuan berpikir anak dalam melakukan strategi penyerangan untuk menghindari defense atau yang menjaga pintu. Dan tim yang menyerang berusaha melewati pintu – pintu yang dijaga oleh kelompok yang sedang menjadi penjaga.

A.Cara Bermain
  1. Membentuk2 kelompok yang terdiri dari penyerang dan bertahan, jumlah kotak yang dijaga disesuaikan dengan jumlah anak yang ada.
  2. Kelompok yang bertahan menjaga kotak – kotak sesuai dengan posisinya, ada yang berada pada jalur Gobak dan Sodor.
  3. Kelompok yang menjadi penyerang harus menyeberangi kotak – kotak yang dijaga oleh kelompok yang sedang bertahan dan jangan sampai tersentuh oleh kelompok yang sedang menjaga.
  4. Kelompok yang menyerang setelah melewati semua kotak dan berada pada sisi kotak seberangnya harus kembali ke garis start tadi baru bisa mendapatkan point 1.

B.Peraturan Permainan
  1. Setiap kamar kotak harus diisi oleh tim defense sesuai dengan jalur gobak dan sodor.
  2. Siswa yang berada pada jalur gobak hanya boleh melewati jalur ke kanan dan ke kiri saja.
  3. Siswa yang berada pada jalur sodor hanya boleh melewati jalur kedepan dan kebelakang.
  4. Kelompok yang sedang menyerang setelah melewati semua kotak dan berada pada sisi kotak seberangnya, harus kembali ke garis start tadi baru bisa mendapatkan point 1.
  5. Kelompok bertahan harus mematikan lawannya dengan menyentuh salah satu anggota badan dan tidak boleh menyentuh dalam posisi merangkak atau melangkah, harus berdiri badan membungkuk kedepan sedikit untuk menyentuh salah satu anggota tubuh lawan.
  6. Apabila ada anak yang tersentuh oleh kelompok bertahan maka kelompok yang tadi menyerang harus bergantian dengan kelompok yang bertahan.

    Permainan Kecil yang lain, Silahkan kan klik disini

0 komentar: