Sunday 10 April 2016

Tujuan Dan Manfaat Latihan Olahraga ( Sport Training )



Semua atlet pasti berlatih sekuat tenaga untuk mencapai sebuah prestasi terbaik.

Tetapi, Apa yang terjadi?

Apakah atlet dan pelatih sudah memahami makna berlatih?

Latihan merupakan syarat mutlak dalam meningkatkan suatu keterampilan teknik sampai menuju puncak prestasi. Latihan adalah salah satu faktor pendukung dalam rangka mencapai puncak keberhasilan seorang atlet. 

Dengan demikian latihan tentu harus disesuaikan dengan umur dan kemampuan dari seorang atlet. 

Data keterampilan teknik dan data hasil pencapaian kecepatan berenang adalah sebagai dasar dalam penyusunan program latihan yang akan disesuaikan dengan prinsip-prinsip latihan yang dijelaskan pada bahasan berikutnya.

Apakah latihan atau training ?

Secara umum yang dimaksud  latihan atau Training merupakan suatu proses pengulangan gerak yang dilakukan secara sistematis, bertahap, terus-menerus, beban meningkat teratur dengan tujuan mencapai prestasi maksimal.

Latihan yang sistematis merupakan pelatihan yang dilaksanakan secara teratur, berencana, menurut jadwal, menurut pola dan sistem tertentu yang berkesinambungan dari gerakan sederhana ke yang lebih kompleks.

Dengan demikian latihan yang tidak memenuhi salah satu atau lebih persyaratan tersebut bukanlah latihan yang sistematis.

Latihan yang berulang-ulang berarti bahwa gerakan yang dipelajari harus dilatih secara berulang kali agar gerakan yang semula sukar dilakukan dan koordinasi gerakan yang masih kaku menjadi mudah, efisien, otomatis dan reflektif dalam pelaksanaannya.

Demikian pula agar pola serta koordinasi gerak menjadi semakin halus sehingga semakin menghemat energi.

Misalnya pada waktu belajar mensmes bola voli atau memukul bola tenis, atau menshooting bola basket, apalagi waktu permulaan belajar gerak menarik dan melepas busur. Pada permulaan belajar gerakannya pasti masih kaku dan belum terkoordinasi dengan baik. Akan tetapi setelah berlatih memukul puluhan, ratusan bahkan ribuan kali maka dengan demikian geraknnya akan semakin halus dan efisien dalam menyerap energinya sehingga koordinasi pun terbentuk dengan sempurna.

Apakah tujuan dari latihan itu ?

Latihan merupakan hal yang paling utama yang harus dilakukan oleh atlet. Adapun latihan bertujuan untuk membantu atlet (olahrgawan) meningkatkan keterampilan dan prestasinya secara semaksimal.

Dengan demikian latihan dapat mengembangkan bakat sesuai dengan potensinya sehingga latihan yang terprogram dengan baik dan benar akan tercipta lahirnya atlet yang tidak hanya berprestasi dalam kejuaraan-kejuaraan akan tetapi dari sisi psikologis juga akan terbentuk karakter yang tangguh dan penuh tanggung jawab.

Apakah manfaat latihan itu ?

Dengan latihan diharapkan bisa meningkatkan secara keseluruhan performa terbaik dari seorang atlet, baik secara fisik maupun mental sehingga terbentuk atlet yang tangguh dan tahan mental dengan karakter dan disiplin tinggi.

Tinggi rendahnya prestasi atlet sangat tergantung pada baik buruknya proses latihan dan program latihannya.

0 komentar: